Tips untuk Berselancar Internet secara Aman bagi Anak Anda :

1) Jangan Chat Dengan Orang Asing (tak dikenal)
Orangtua anda benar ketika mereka berpesan “Jangan bicara dengan orang yang tak dikenal”. Sedapat mungkin Janganberbicara dengan orang yang tidak kita kenal ketika kita ada di ruangan chat Orang Dewasa. Sungguh kamu tidak akan mengetahui orang seperti apa yang kamu ajak chating itu.

2) Mengunakan Email Secara Aman
Jangan pernah membuka email atau file tertentu atau halaman web yang kamu terima dari orang yang tidak kamu ketahui. Jika itu terlihat mencurigakan, langsung dihapus saja tanpa membukanya terlebih dahulu. Terkadang e-mail atau file atau halaman web mengandung virus komputer yang dapat membahayakan komputer kamu. Minta kepada orangtua kamu agar mereka menginstall program antivirus terbaru.

3) Meminta Izin Sebelum Berselancar.
Hanya berselancar di internet ketika orangtua kamu memberikan izin. Ada alasan mengapa mereka kadang melarang kamu berselancar dan kamu harus mendengarkan mereka. Jika ada sebuah website terlihat mencurigakan atau memberikan peringatan bahwa kamu belum cukup umur maka langsung tinggalkan website tersebut. Beberapa situs memang tidak diperuntukkan untuk anak-anak. Jangan mengunduh aplikasi apa saja dari internet yang berasal dari situs yang kurang dikenal. Beberapa situs menyebarkan virus bersamaan dengan file yang diunduh ! Jadi hati-hati ketika mengunduh. Lebih baik bersikap waspada daripada menyesal nantinya.

4) Password.
Password kamu adalah rahasia buat kamu jadi jangan beritahukan password kamu pada orang lain. Jaga password itu hanya untuk kamu sendiri sama seperti kamu menjaga rahasia teman kamu sendiri.


5) Meminta Perlindungan
Minta kepada orangtuamu untuk menginstall browser yang aman untuk anak-anak (dengan setingan tertentu). Dengan setingan browser yang tepat maka anak anda akan terlindungi dari mengunjungi situs-situs jahat.

6) Atur Waktu
Jangan habiskan semua waktumu untuk online. Atur dan tentukan batas waktu di komputer yang kamu gunakan.

Sekarang ini internet memberikan sebuah era baru bagi anak-anak anda. Siap atau tidak mereka harus menghadapinya. Dan saat ini banyak situs-situs bagus untuk anak anda seperti kids-online. Jadi buatlah pengalaman berinternet terasa menyenangkan bagi mereka. Namun jangan untuk selalu membimbing dan memberikan pengertian kepada anak-anak anda ketika mereka berselancar di dunia maya.

No comments:

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).