Cara Menggunakan Keyboard pada Laptop

Pada umumnya penggunaan keyboard laptop/notebook adalah sama dengan keyboard PC. dikarenakan bentuk yang efisien dan kecil, maka keyboard laptop pada umumnya tidak memiliki banyak tombol seperti keyboard PC.

Gambar dibawah ini contoh keyboard Laptop dan PC.

<-- Laptop/Notebook Keyboard.
lingkaran kuning menunjukan tombol angka (Numeric keypad) digabung dengan tombol huruf alphabet /Typing (alphanumeric) keys.



<-- PC Keyboard
lingkaran kuning menunjukan tombol angka (Numeric keypad) terpisah dari tombol huruf.



Cara Menggunakan fungsi "Fn" pada keyboard laptop.

Anda mungkin bingung dengan tombol bertuliskan Fn di keyboard laptop anda tersebut, ketika ditekan tidak terjadi apa-apa, apa sebenarnya fungsi tombol Fn tersebut dan bagaimana cara menggunakannya ?

Tombol Fn tersebut berfungsi seperti tombol Shift, jadi fungsinya adalah untuk mengaktifkan fungsi lain dari sebuah tombol yang memiliki fungsi ganda. Tombol Fn ini biasanya diperuntukkan untuk dikombinasikan dengan tombol F1, F2, F3 dan seterusnya, pada tombol-tombol F di laptop biasanya ada gambar kecil yang menandakan fungsi lain dari tombol F tersebut.

Sebagai contoh pada laptop Acer seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, jika saya tekan dan tahan tombol Fn lalu saya tekan tombol F7 maka kursor dan mousepad tidak berfungsi/bergerak. dan jika saya tekan dan tahan tombol Fn lalu saya tekan tombol F3 untuk menyalakan atau mematikan wifi.


Bagaimana jika menggunakan laptop selain acer. Pada umumnya semua laptop fungsi Fn adalah sama. untuk menyalakan/mengaktifkan fungsi lainnya. jadi anda dapat menggunakan fungsi Fn sesuai layout keyboard pada laptop anda sendiri.


Cara Menggunakan Keyboard pada PC

No comments:

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).